Ahmad Zayadi dan Abdul Majid (dalam Tsadzkirah 2004: 8) menjelaskan bahwa pembelajaran sebagai upaya untuk membelajarkan seorang atau kelompok orang melalui berbagai upaya (effort) dengan berbagai strategi, metode dan pendekatan ke arah pencapaian tujuan yang telah direncanakan. Pembelajaran juga disebut pula dipandang sebagai kegiatan terprogram dalam desain intruksional pada penyediaan sumber belajar. Dengan demikian, pembelajaran pada dasarnya merupakan kegiatan terencana yang mengkondisikan atau merangsang agar bisa belajar dengan baik agar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Unsur dalam sistem pembelajaran adalah seorang siswa atau peserta didik, suatu tujuan dan suatu prosedur kerja untuk mencapai tujuan. Menurut Oemar Hamalik dalam bukunya kurikulum dan pembelajaran, mengemukakan unsur-unsur pembelajaran sebagai berikut:
a. Unsur Dinamis Pembelajaran Pada Diri Guru
1) Motivasi pembelajaran siswa
2) Kondisi guru siap membelajarkan siswa
b. Unsur Pembelajaran Kongruen dengan Unsur Belajar
1) Motivasi belajar menuntut sikap tanggap diri pihak guru serta kemampuan untuk mendorong motivasi dengan berbagai upaya pembelajaran.
2) Sumber yang digunakan sebagai bahan belajar terdapat pada buku pembelajaran, pribadi guru dan sumber masyarakat.
3) Pengadaan alat-alat bantu belajar dilakukan oleh guru, siswa sendiri dan bantuan orang tua.
4) Subjek belajar yang berada dalam kondisi kurang mantap perlu diberikan pembinaan (Oemar Hamalik, 1995: 68).
Unsur-Unsur dalam Pembelajaran
Diposting oleh
steoes_assakkurae
on 24 November 2011
Label:
pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar