ASSALAMU'ALAIKUM...SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA INI, SEMOGA BERMANFAAT...!!!!!

seminar sehari | 20 persen alokasi dana pendidikan APBD KALBAR 2012

tempat: Raflesia Hall, Hotel Gajah Mada Lat. 7
penyelenggara : Dewan Pendidikan Provinsi KALBAR
pemateri : 1)Aswandi (pakar pendidikan kalbar), 2)Zulfadhli (anggota DPR Pusat (dulu ketua DPRD kalbar)),3) Mustaruddin (sekretaris Diknas Prov KALBAR)

hari ini saya mandi pagi tidak seperti biasa yaitu agak awal. tadi saya mendapatkan sms bahwa hari ada seminar tentang pendidikan. liat jam di hp sudah menunjukkan pukul 6 lewat. saya bergegas cari nasi kuning untuk sarapan. ternyata tempat langganan saya tidak buka. lalu saya ke tempat langganan lain yang harganya lumayan, karena saya bawa uang kurang jadinya saya harus ke habitat dahulu. pas mau naik ke atas tangga, saya bertemu dengan seseorang yang ingin mengerjakan shalat dhuha. ia menanyakan pintunya dikunci kah?, saya jawab tidak pak. saya pun kenalan dengan beliau. selang beberap menit saya sudah membawa nasi kuning, dan langsung menyantapnya tak lupa dengan ditemani segelas air putih. sedang lagi enak makan, bapak itu menghampiri saya. sejenak saya memberhentikan sarapan. katanya beliau mau menunggu istrinya ada kegiatan. kebetulan hari ini peringatan PGRI. obrolan cukup akrab saya dengan beliau seputar pendidikan. kebetulan beliau adalah guru Agama di salah satu SD di Pontianak.
selang 2 jam berlalu, kami menyelesaikan obrolan. tak lupa kami saling bertukar no hp. jam menunjukkan pukul 09.00. saya pun bergegas berangkat ke kampus terlebih dahulu. ternyata sesampai di sana teman saya itu sudah pergi dulu. di sekretariat saya liat ada dua orang teman, mereka tidak bisa ikut karena ingin mencarikan dana untuk korban kecelakaan salah satu mahasiswa. saya langsung menuju lokasi kegiatan. ditengah perjalanan saya sempat bingung tempat kegiatannya, beberapa menit kemudian akhirnya saya menemukan tempatnya. setiba di sana saya bingung kembali sebab tampak tak terlihat lokasi parkir motor seperti biasanya yang ada di hotel-hotel lainnya. hanya tampak parkiran mobil saja. lalu salah satu petugas parkir hotel tersebut mengarahkan lokasi parkir motor saya yang letaknya bersebelah dengan 2 hotel dari samping. ketika saya lihat ternyata lokasi parkirannya bekas bangunan yang dirobohkan.
di depan pintu masuk hotel, terlihat ada 2 orang penjaga pintu. saya mendekat secara otomatis ia membukakan pintu tersebut. lalu saya bertanya kegiatan seminar di lantai 7. salah satu penjaga menunjukkan tempatnya dan mengarahkankepada saya dengan menggunakan lift. tak lama sampai di lantai 5. kemudia saya melanjutkan ke lantai 6 yang tangganya pas di depan lift. sesampai di lantai 6 saya kembali bingung sebab arah ke lantai 7 tak tampak. saya menelpon teman. katanya lantai 7. akhirnya saya temukan ruangan kegiatan seminarnya. terlihat sudah banyak yang hadir. panitia menyuruh saya mengisi daftar tamu, yang saat itu sudah 100 orang terdaftar. lucunya tabel yang dibuat hanya dengan no 100 sudah terisi. sehingga saya harus menulis nama saya di luar tabel yang di buat. setelah mengisi daftar tamu, saya langsung menikmati minuman kopi yang sudah disediakan oleh panitia.
dalam petemuan itu juga banyak hadir mulai dari pelajar, mahasiswa, dosen. LSM, para pemerhati pendidikan dan tak kalah pentinnya para peliput berita mulai dari media tv ataupun media cetak seperti terlihat peliput tvone,tribun, pontianak post, ruai tv, dan lain-lain. dan dalam pertemuan itu juga dihadiri para politis yaitu dari Golkar dan Demokrat.
Dapat saya simpulkan tentang pembahasan yang disampaikan oleh para panelis:
1. Zulfadhli " bahwa adanya pelanggaran UUD, apakah harus di biarkan?
2. Mustaruddin " anggaran dana KALBAR untuk pendidikan sangat kurang
3. Aswandi " efektifitas anggaran itu, tidak menjami kalau anggaran dinaikkan bisa efektif, menurut beliau mengalokasikan dana itu penting
satu ungkapan dari pakar pendidikan kalbar ini ia menyatakan "anak miskin sekolah di kandang kambing" ia juga memaparkan kalau Bapak SBY melakukan kunjungan kerja ke sekolah yang beliau lihat adalah Perpustakaan dan WC.
4. Pak Tarwo " judul detekesi dini kerentatanan bencana pendidikan kalbar"
mengemukakan ada masalah pendidikan kalbar
1. infrastruktur yang kurang memadai
2. penghasilan masyarakat masih primer (perntanian saja)
3. rendahnya produksi
tak hanya itu belia juga menyampaikan masalah yang dihadapi dalam pendidikan kalbar yaitu guru tidak merata/kompetensi guru tidak standard, saran dan prasaran rusak berat, jarak pemukiman dengan sekolah jauh.


terlihat begitu antuisasi para audiens mendengarkan penjelasan para panelis. setelah selesai penyampaian oleh panelis. moderator membuka sesi pertanyaan. ketika di buka sesi pertanyaan atau komentar, dari penyampaian para audien ada yang mengharapakan sekali agar anggaran 20 persen dapat terlaksana dengan baik. sehingga pembangunan pendidikan kalbar dapat tercapai dengan optimal.

ANALISIS PENULIS
setelah mendengar penjelasan mulai dari diknas kalbar, pakar pendidikan kalbar,para politisi, maupun dewan pendidikan kalbar. sangat mengkhawatirkan pendidikan di kalbar. sudah di uraikan di atas tentang kendala-kendala yang dihadapi pendidikan kalbar.
pendidikan tak terpisahkan dalam proses pengelolaan sumber daya manusia, baik dari pendidik maupun pelajar. selain membahas anggaran dana pendidikan kalbar dalam pertemuan itu juga disoroti tentang profesionalitas guru antara lain sertifikasi guru. menurut aswandi jangan sampai berkontribusi merusak anak bangsa yaitu melalui pendidikan yang tidak terkonsep dengan baik. sangat disayangkan ternyata tampak tak jelas peta persoalan pendidikan dikalbar. terkait dengan dana sangat begitu sensitif. Zulfadhli mengungkapkan isu yang sering di angkat terkait dengan kalbar hanya perbatasan, jika ia bicara tentang pendidikan di kalbar jika bandingan dengan provinsi lainnya jauh ketinggalannya. prestasi pendidikan di kalbar 3 dari belakang.
mudahan-mudahan adanya regulasi yang tepat yang ditelorkan oleh para pengambil kebijakan baik itu legislatif maupun eksekutif untuk memperjuangkan pendidikan kalbar yang saat itu sangat mengkhawatirkan. dan juga APBD dapat tecapai 20 persen sehingga pendidikan kalbar dapat berkembang dengan optimal.

Tidak ada komentar:

bisnis online
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 ADVENTURE FOR LIFE |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net | This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.